Tags

, ,

d3b62b8a4a0065c4340f9b26d9a303c0

Haay, Ladies!

Apakah banyak dari kalian yang masih acuh terhadap penampilan kalian sendiri? Memakai baju sembarang, dan tidak berdandan? Apa masih terpatri dengan doktrin “yang penting, kan inner beauty-nya baik” atau terlalu takut dikatakan centil karena terlalu memperhatikan penampilan dan berdandan?

Lalu, menurut kalian sendiri, penting ga sih kita itu dandan? Memperhatikan pakaian kita bahkan saat kita cuma mau pergi ke warung atau ke pasar?  Sepenting apa outer beauty untuk kalian?

Berbeda jauh dengan inner beauty yang selalu santer diucapkan dan dielukan, outer beauty atau kecantiakan yang terlihat dari luar itu banyak disalahartikan. Banyak orang yang menilai bahwa perempuan yang terlalu memperhatikan penampilannya adalah perempuan centil dan ganjen. Lalu apakah itu memang benar? Apakah salah bila perempuan ingin tampil cantik?

No no no! Memang sudah kodrat perempuan pada umumnya ingin tampil cantik. Inner beauty sangatlah penting. Tapi, outer beauty juga tidak kalah penting. As the quotes says,

Style: because your personality is not the first thing people see.

Kalau kita pahami baik-baik, ucapan itu tidak sepenuhnya salah, Ladies. Saat kita pertama bertemu dengan orang baru, apakah kita langsung dapat mengenali kepribadian mereka? Tentunya kita cenderung melakukan praduga atas kepribadian orang tersebut melalui penampilannya, bukan? Bahkan di dalam ilmu psikologi, penampilan dapat menjadi faktor menentukan kepribadian seseorang. Apa yang mereka kenakan dan bagaimana mereka mengenakannya itu adalah salah satu cara masyarakat untuk memberikan penilaian terhadap seseorang.

Lalu, apa sih pentingnya menjaga penampilan saat kita keluar rumah?

First Impression.

There’s no second first impression, Ladies. Kesan pertama hanya terjadi sekali dan tidak bisa diulang lagi. Ingatlah bahwa dunia itu luas. Banyak orang di luar sana yang belum pernah kita temui dan mengenal kita dengan baik. Dengan begitu pula dunia menjadi sempit karena bisa saja kita bertemu dengan orang yang tidak pernah kita duga. Memang, penilaian dari first impression bisa berubah seiring berjalannya waktu dan saat lebih mengenal satu sama lain. Namun, itu semua butuh waktu dan proses. Bayangkan, bila kalian tidak memiliki kesempatan lain untuk bertemu dan merubah first impression-nya tentangmu? Bagaimana jadinya bila kita meninggalkan kesan yang tidak cukup baik. Jadi pastikan selalu berpenampilan baik dan tidak perlu khawatir akan meninggalkan kesan yang jelek.

An appreciation.

Berikan apresiasi. Terhadap dirimu sendiri dan orang di sekelilingmu. Sebagai salah bentuk apresiasi terhadap dirimu sendiri adalah dengan merawat tubuhmu dan menjaga penampilan agar tetap terlihat baik. Lalu, bagaimana dengan memberikan apresiasi terhadap orang disekitar?  Untuk lingkup kecilnya, saat keluar rumah, para tetangga juga akan menilai penampilanmu. Di saat  kamu keluar dengan penampilan yang tidak cukup baik, secara tidak langsung nama keluargamu akan terseret. Sederhananya, para tetangga akan berpikir, “Ooh, anak Bpk/Ibu ini rapi. Kalau anak keluarga itu orangnya serampangan. Kalau keluarga ini begini, keluarga itu begitu.” See? Meski terlihat sepele, jangan membuat dirimu sendiri jatuh di mata masyarakat. Bahkan juga membawa citra keluarga.

Menjadi cuek dan tidak peduli terhadap pendapat buruk orang lain terhadap kita itu memang baik. Tapi, juga jangan lantas menjadi tuli. Sesekali kita perlu mendengarkan orang lain untuk memperbaiki diri kita sendiri.

Jadi, yuk, bangun citra yang baik untuk dirimu dan keluargamu.

Gain credibility.

Kredibilitas itu penting. Terutama saat kita berinteraksi dengan masyarakat luas. Dengan berpenampilan baik dan menarik, nilai integritas dan kredibilitas masyarakat terhadap kita akan naik. Nilai jual kita juga akan meningkat. Bukan nilai jual seperti kita akan menjual diri dalam hal negatif. Namun, lebih kearah yang lebih positif. Contohnya, saat kita melamar pekerjaan, perusahaan cenderung memilih orang yang lebih rapi dan terlihat dapat dipercaya dan diandalkan.

Ada pula contoh saat kita melihat beberapa anak yang berpakaian punk dengan badan penuh tato sedang nongkrong. Apa yang ada dipikiran? Pada umumnya, kita akan cenderung berpikir bahwa mereka hanyalah sekelompok anak berandalan yang “nakal” dan serampangan. Padahal, pada kenyataannya, belum tentu mereka adalah anak punk seperti itu. Bagaimana bila mereka adalah anak baik-baik yang tergabung dalam sebuah klub pecinta grup heavy metal dan penampilan hanya sekedar menyesuaikan dengan genre musik yang mereka gandrungi?

Contoh lainnya, adalah bagaimana pelaku kriminal tidak lagi bertampang preman seperti dulu. Banyak yang berdandan dengan pakaian rapi untuk meningkatkan kredibilitas dan membangun kepercayaan palsu untuk menipu calon korbannya. Kenapa? Karena dengan berdandan dan penampilan baik membuat masyarakat lebih percaya.

Lihat, betapa berpengaruhnya penampialan terhadap penilaian masyarakat terhadap kita.

BUT!

Berpakain dan berdandanlah sesuai dengan kondisi, situasi dan dimana kita berada. Jangan saat kita akan pergi ke pasar, namun tetap memiliki penampilan baik, lalu kita menggunakan make up penuh.

Sayangnya, saat ini aku pribadi cukup miris saat melihat kebanyakan wanita sekarang terkena wabah ‘perfect eyebrow‘ yang terlihat dipaksakaan dan dipakai sepanjang hari. As I know, perfect eyebrow adalah rangkaian dalam full make up yang tidak cocok digunakan untuk keseharian. Bahkan tidak sedikit yang keluar dengan full make up saat hanya akan pergi ke pasar. Ladies, ini adalah bentuk penampilan yang berlebihan. Semua yang berlebihan memang tidak baik. Cukup dengan no makeup makeup look yang lebih cocok untuk daily. Gunakan pelembab setelah membersihkan muka lalu bubuhkan bedak tabur dan sedikit lipbalm atau liptint and you are ready to go out.

Jangan lupa bersisir rapi dan gunakan pakaian rapi dan layak untuk keluar rumah. Bukannya keluar dengan daster atau pakaian tidur. Sejujurnya, itu bukan tindakan yang sopan.

Jadi, ladies! We are all pretty! Tidak ada keraguan untuk itu. Kita semua terlahir cantik. Kita sudah diberi karunia-Nya dengan kecantikan alami, mari bersyukur dengan menjaganya agar tetap terlihat baik.

Jadi, yuk, tetap tampil rapi dan cantik setiap saat :))

-dnrchyn-

coa-bob

Advertisements